Tuesday, January 31, 2017

Konfigurasi Vlan pada Switch Cisco Catalyst Mikroserver

Topologi sederhana  konfigurasi Vlan pada switch Cisco Catalyst Mikroserver :


Dari topologi diatas, saya menyambungkan PC0 ke Port Fa0/1 dan PC1 ke Port Fa0/2


Dari konfigurasi diatas, dapat kita lihat bahwa catalyst sudah mempunyain vlan default yaitu vlan 1, dan kita juga dapat melihat interface mana saja yg menjadi bagian dari vlan 1 tersebut. Sekarang kita akan coba koneksi dari PC0 ke PC1 apakah bisa berkomunikasi dengan kondisi diatas, yaitu berada dalam 1 vlan.

Sekarang kita akan coba konfigurasi vlan untuk interface fa0/1, dimana fa0/1 ini tersambung dengan PC0, pada topologi diatas.

Konfigurasi

Switch(config)#vlan 50
Switch(config-vlan)#name PC0
Switch(config-vlan)#exit
Copy - Paste di Terminal
Konfigurasi diatas adalah konfigutasi untuk membuat Vlan 50 dengan name PC0. Setelah kita membuat vlan 50, kita dapat melihat hasil konfigurasi kita seperti dibawah ini.
Switch#show vlan
Copy - Paste di Terminal

Dari hasil konfigurasi diatas, kita dapat melihat bahwa vlan 50 sudah di create, namun vlan 50 belum memiliki interface yang menjadi anggotanya. Sekarang saya akan mengkonfigurasi interface yang akan menjadi anggota vlan 50, yaitu interface fa0/1.
Switch(config)#interface fa0/1
Switch(config-if)#switch
Switch(config-if)#switchport mode access
Switch(config-if)#switchport access vlan 50
Switch#sh vlan
Copy - Paste di Terminal

Sekarang dapat kita lihat, bahwa sekarang interface fa0/1 sudah menjadi anggota dari vlan 50 dan fa0/2 masih tetap menjadi anggota vlan 1, hal ini menyebabkan PC0 dan PC1 sudah tidak bisa lagi berkomunikasi, karena sudah berbeda network.

Source : candranapits



BACA JUGA : ARTIKEL TENTANG SETTING MIKROTIK DIBAWAH INI :


No comments:
Write comments