Sunday, January 29, 2017

Upgrade TP-LINK 5210 ke Nano Statision 2

TP-Link 5210 adalah perangkat wirelless tipe out door yang sudah dilengkapi dengan antena reflektor eksternal, radio ini mempunya frequensi 2,4 GHz dan radius pancar antara 90 derajat. Tp-Link 5210 ini adalah versi radio out door yang sukses dipasaran karna kualitasnya yang bagus apabila setingan mendapatkan custome yang pas. apalagi tp-link ini bisa di upgrade ke UBNT Nano Station 2 , yang keuntungannya adalah :
Firmware semakin bagus, otomatis kinerja perangkat semakin stabil
  • Karna UBNT mendukung banyak chanel frequensi otomatis kita bisa meminimalisir adanya interferensi signal yang ada pada lingkungan kita.
  • Karna 5210 ini support antena eksternak, maka bisa dikolaborasikan dengan antena grid dan keuntungannya daya pancar semakin jauh.
  • Perangkat super murah meriah tapi kualitas lumayan bagus untuk jarak 1-3 Km ( Modif )
Langkah-langkah untuk upgrade TP-Link 5210 ke Nano Station 2 adalah sebagai berikut :
  • Konekin TP-Link 5210 dengan Lan PC/Laptop
  • Buka program TP-Link - UBNT , jika belum punya bisa sobat download dari link berikut :
 
 DOWNLOAD FILE PROGRAM UPGRADE TP-LINK 5210 TO UBNT NS 2 

  • Setelah terbuka lalu tekan tombol next dan masukkan user : admin pass : admin dan IP default TP-Link yaitu : 192.168.1.254 dan isi sesuai dengan gambar dibawah:

  • Nah paling penting ada memasukkan md5 dan mac address yang sudah terdaftar di server OS tempe tersebut, setelah terisi semua datanya maka tombol next akan menyala, silahkan di klik untuk install firmware nya dan tunggu seperti gambar :

  • Jika semua udah terinstall dengan berhasil maka akan keluar notif Congretulation..

Hasil dari proses Upgrade ini adalah sebagai berikut :


Silahkan di custome sendiri untuk setting UBNT NS 2 nya sesuai dengan selera.

Note : TP-Link wajib di taruh di ip default 1.254 dulu, karna software bawaan sudah ter-script 1.254 extraxt ke default OS ubnt nya 1.20 dengan user : ubnt pass : ubnt

Selamat Mencoba !



BACA JUGA : ARTIKEL TENTANG SETTING MIKROTIK DIBAWAH INI :

4 comments:
Write comments
  1. Replies
    1. kalau mau restore : sebaiknya kita backup dulu firmware originalnya sebelum modifikasi, klo ada file original tinggal restore dari system, klo masih gak bisa jalan terakihr copot ic flash nya, kita program manual dengan tool box flasher.

      Delete
  2. Replies
    1. V2 bisa, caranya : angkat ic flashnya dan program ulang menggunakan box flasher, untuk caranya lain kali akan kami update tutorial lengkapnya.

      Delete